AYO HIJRAH, Manfaatkan Layanan Perbankan Syariah Untuk Hidup Yang Lebih Berkah Bersama BANK MUAMALAT INDONESIA

Source by : Bank Muamalat Indonesia

Hijrah berasal dari bahasa Arab yang berarti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah yang dilakukan oleh Nabi Muhamad SAW bersama para sahabat beliau dari Makah ke Madinah dengan tujuan mempertahankan risalah Allah, berupa akidah dan syariat Islam. Oleh karenanya, makna hijrah dapat disimpulkan yaitu berupa perubahan, perpindahan dari sesuatu yang sebelumnya tidak baik, berpindah kepada yang lebih baik, yang sesuai dengan syariat Islam. Hal ini dilambangkan oleh kondisi pada masa Rasulullah SAW dimana saat itu Mekah menjadi kota yang dianggap sudah tidak lagi kondusif untuk dijadikan tempat penyebaran agama Islam, sehingga diputuskan untuk berpindah ke Madinah demi mempertahankan risalah Allah.

Makna hijrah saat ini memang tidak bisa hanya dimaknai pada perubahan dari suatu tempat ke tempat yang lain saja, melainkan juga dapat dimaknai pada suatu perubahan perbaikan diri. Dimana, hijrah yang dimaksud adalah, perubahan pada seseorang yang sebelumnya kehidupanya belum memahami makna tentang nilai-nilai keislaman, lalu saat ia tersentuh oleh ilmu-ilmu akidah Islam, ia tergerak hatinya dan melakukan perubahan dalam dirinya, dengan berkomitmen untuk menerapkan syariat-syariat islam dalam kehidupannya sehari-hari. 

Pada saat seseorang ingin berhijrah, pasti akan menjadi suatu hal yang tidak mudah, akan ada banyak tantangan dalam hal apapun selama prosesnya berhijrah, hal ini dikarenakan ada banyaknya perubahan-perubahan yang tidak biasa dilakukan, sehingga akan menimbulkan banyak hal yang juga tidak biasa bagi orang-orang disekitarnya. Oleh karenanya, momen berhijrah ini, tidak bisa dilakukan sendirian, kita memerlukan wadah atau komunitas untuk bisa membuat kita tetap kuat dan istiqomah dalam menjalani proses hijrah tersebut.

Seperti saya, proses hijrah pertama kali terjadi saat saya masuk dibangku SMA, dimana saya yang awalnya terpesona melihat kebaikan-kebaikan akhlaq kakak tingkat yang ada di salah satu organisasi keislaman di SMA, membuat saya tergerak untuk tergabung didalamnya, dan pada saat itulah pertama kali momen hijrah saya dimulai. Berawal dari hijrah fisik dimana saya mulai belajar menutup aurat, dengan berhijab, hingga akhirnya seiring berjalannya waktu, dan bertambahnya ilmu tentang keislaman, yang mana seluruh aspek kehidupan yang saya jalankan, sedikit demi sedikit mulai berubah. Seperti ada ajakan dari dalam diri yang kuat untuk #AyoHijrah dengan mulai berpakaian agar sesuai dengan yang disyariatkan, #AyoHijrah dengan lebih teliti dalam membeli makanan-makanan dengan memperhatikan label halal, dan juga #AyoHijrah dalam pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan layanan perbankan syariah untuk hidup yang lebih berkah.

Saat ini, setelah saya menikah, proses hijrah dalam hal mengelola keuangan keluarga merupakan salah satu hal yang sangat  diperhatikan. Agar penghasilan yang didapatkan didalam keluarga tidak hanya dengan cara yang halal tetapi juga terjaga keberkahannya, kita harus memastikan bahwa pengelolaan keuangan keluarga kita sudah sesuai dengan syariat Islam. Termasuk dalam hal memilih perbankan yang benar-benar murni syariah, seperti Bank Muamalat Indonesia yang merupakan bank pertama murni syariah di Indonesia, yang saat ini mulai memperluas fungsi, tidak hanya sebatas penyedia layanan perbankan syariah, melainkan juga menjadi agen penggerak semangat umat untuk meningkatkan diri untuk menjadi seorang muslim yang kaffah, tidak hanya dalam hal ibadah, melainkan juga dalam hal mengelola keuangan. 

Bank Muamalat Indonesia saat ini juga sedang mengkampanyekan sebuah gerakan Ayo Hijrah yang telah di launching pada 8 Oktober 2018 lalu. Gerakan Ayo Hijrah yang diadakan oleh Bank Muamalat Indonesia ini bertujuan untuk adanya peningkatan kualitas diri, baik secara individu maupun organisasi, untuk semakin kaffah dalam menjalankan syariat Islam, khususnya dalam konteks penggunaan perbankan syariah. Gerakan yang dilakukan untuk mengkampanyekan gerakan ini dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan seperti seminar edukasi perbankan syariah, open booth dipusat kegiatan masyarakat, Kajian Islami, dan pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah. Bank Muamalat Indonesia juga memiliki sebuah cita-cita besar untuk menjadi pusat dari Ekosistem Ekonomi Syariah dan turut membangun industri halal di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Saat seseorang sudah berkeluarga, ada banyak hal perencanaan keuangan yang harus direncanakan dan dipersiapkan sejak dini, tidak hanya sekedar perencanaan yang baik, melainkan juga tepat. Merencanakan setiap impian dimasa depan yang ingin dicapai, dengan melihat kondisi perekonomian yang sangat fluktuatif, sudah barang tentu kita harus membuat sebuah perncanaan keuangan jangka panjang. Saat ini, bank tidak lagi sebatas digunakan sebagai tempat penyimpanan uang, melainkan juga dapat digunakan sebagai solusi perencanaan keuangan masa depan. 

Sebagai keluarga muslim, saya dan suami sangat selektif dalam memilih perbankan yang nantinya akan kami percayakan untuk mengelola perencanaan keuangan keluarga yang benar-benar sesuai dengan prinsip syariah. Membuat perencanaan keuangan dimasa depan, seperti perencanaan pendidikan untuk anak-anak, perencanaan perjalanan umroh/haji, perencanaan pembiayaan rumah dan kendaraan, dan perencanaan keuangan lainnya yang masih banyak lagi yang semuanya harus dipersiapkan dengan lebih baik dan sesuai dengan prinsip syariah agar lebih berkah. 

Bank Muamalat Indonesia, merupakan salah satu bank syariah yang juga menawarkan  berbagai produk perbankan syariah sebagai Solusi Perencanaan Keuangan Syariah yang lebih berkah untuk nasabah dan masyarakat, salah satu produknya yaitu bernama Tabungan iB Hijrah Rencana, dimana produk tersebut mampu membantu kita mewujudkan rencana dan impian dimasa depan dengan lebih baik sesuai prinsip syariah. Sehingga program tersebut pun mampu menjadi solusi bagi setiap keluarga muslim di Indonesia yang ingin mempercayakan perencanaan keuangan keluarganya dengan lebih aman, nyaman, dan barokah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REBORN..

Jangan Pernah Lakukan, dan Kau Pasti akan Menang!

ANDINI (episode 1)