Jangan Pernah Lakukan, dan Kau Pasti akan Menang!


Pernahkah dalam pikiran mu terlintas sebuah pikiran jahat? Pikiran yang rasanya ingin melukai orang lain, ingin melakukan hal yang kau tau itu dilarang, dan bahkan bertentangan dengan hal yang dianggap sebagai kebaikan dan kebenaran, namun ingin rasanya kau tetap melakukan demi memuaskan sebuah hasrat besar yang tak bisa dipendam, yang bernama kemarahan?

Pernahkah kau merasakan sebuah rasa bersalah yang teramat besar, sesaat setelah kau melakukan kesalahan, yang kau tau itu bukan hal yang seharusnya kau lakukan namun karena bisikan syetan yang teramat besar, sehingga kau lakukan dengan akhirnya meninggalkan bekas penyesalan?

Ada seorang ibu yang menyesal teramat sangat, menangis dengan dipenuhi rasa bersalah, setelah memarahi anaknya dengan sebuah bentakan, hingga mendarat sebuah cubitan kecil dipaha mungil anaknya, hanya karena ia tak mau menuruti perkataan ibunya, dan saat itu sang ibu pun dalam keadaan lelah penuh masalah, tumpukan pakaian yang belum disetrika, cucian piring yang masih menanti untuk dibersihkan, padahal sang kekasih hati akan segera pulang, rasanya lengkap sudah bisikan syetan menyempurnakan sebuah pelampiasan atas sebuah kelelahan. 

"Marahi saja anakmu, pukul saja dia, kau pasti akan lebih lega, dan lelah mu tuntas terlampiaskan, toh anak mu juga nakal," begitu terus syetan membisikinnya. 

Pernahkah kau merasakan sebuah peperangan hebat yang hanya melibatkan hati? Sebuah perang batin yang teramat mencekik diri, karena kau dihadapkan pada sebuah pikiran yang semuanya mendesak untuk menang dan dilakukan? Sebuah pikiran yang salah satunya ada lah kebaikan namun terlalu banyak pertimbangan apabila dilakukan, sehingga disangkal oleh pikiran keburukan yang terus saja memaksa untuk dilakukan. Seakan ada malaikat dan syetan yang sedang beradu debat, namun hanya kau yang bisa memenangkan salah satunya.

Terkadang kebaikan itu memang tak selalu menyenangkan, dan keburukan sering menjadi pemuas dari sebuah hawa nafsu yang menggebu, maka lawan saja dengan istigfar banyak-banyak, duduk lah sejenak, atau bahkan basuh lah bagian-bagian tubuh mu dengan wudhu. Lalu menghindarlah, dan jangan pernah kau turuti hawa nafsu yang dibisikan oleh setan, dan pasti kau lah yg akan menjadi pemenang.

Astaghfirullahaladzim... 

Atas sebuah penyesalan besar, dalam sebuah langkah keliru yang kau lakukan, ada dua noda yang akan kau torehkan. Pertama adalah luka yang kau tanamkan pada mereka yang merasakan dampak dari sebuah kesalahan yang kau lakukan. Kedua adalah tentang dosa yang tercatat yang kelak akan kau pertanggung jawabkan dihadapan Rabb mu, atas sebuah sikap tak tepat yang terungkap.

Maka dalam sebuah hadits dijelaskan, betapa Allah sudah memperingatkan. 

"Sesungguhnya Allah telah mengampuni ummatku terhadap apa yang terlintas dalam hatinya, selama tidak diucapakan atau dikerjakan" (HR. Muslim 127)

Semoga, kita semua dilindungi dari bisikan-bisikan syetan yang menyesatkan. Banyak-banyak lah berdoa, dan meminta kepada Nya agar senantiasa ditunjukkan jalan yang lurus. Aamiin..

Allahu'alam bi showab...

Komentar

  1. Suatu pembelajaran yang luar biasa bagi seorang ibu untuk mengasah kesabran demi perbaikan akhlak budi pekerti disaat keadaan ini untuk buah hati kita

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REBORN..

TLATAR, WISATA AIR TERSEMBUNYI BOYOLALI