Satu diantara Dua

Agaknya, belakangan ini saya lebih sering dihadapkan pada pilihan-pilihan yang menguji kedewasaan. Entah ini karena Allah tahu betapa saya benci jika harus memilih, karena begitu bodohnya diri dalam menentukan sebuah pilihan yang keduanya memiliki kecenderungan untuk dipilih atau bahkan tidak dipilih sama sekali, namun walau bagaimana pun juga, saya harus tetap memilih. Satu diantara dua.

Mungkin ini sebab Allah memfasilitasi orang-orang yang super duper "labil bin galau" seperti saya ini dalam menentukan pilihan, dengan menyediakan sarana berupa sholat Istikhoroh, dimana kita bisa meminta langsung agar diberikan kemantapan hati dari setiap pilihan-pilihan yang membuat kita, atau saya tepat nya, menjadi sosok yang teramat sangat "labil" dan "galau", begitu katanya istilah anak zaman sekarang.

Hidup memang akan senantiasa dihiasi dengan pilihan-pilihan yang semakin lama semakin menuntut kedewasaan kita sebagai manusia. Memilih atau di pilih, itu juga pilihan. Tidak sebatas melihat dan mempertimbangkan dari satu sisi bagian, melainkan juga dituntut untuk melihat dari sisi bagian yang lain. Bukan semata-mata karena pertimbangan inginnya kita, melainkan juga pertimbangan dampak yang akan terjadi setelahnya.

Memilih, hanyalah bagian dari ikhtiar menentukan bagaimana takdir kehidupan yang akan kita jalani setelahnya. Membuat takdir, melalui pilihan Tuhan yang sudah ditetapkan. Setelahnya kita akan menyiapkan diri untuk menerima konsekuensi dari setiap pilihan yang sudah kita tetapkan. Dengan melibatkan Nya dalam setiap pilihan melalui proses perbincangan istikhoroh yang panjang, setidaknya, kelak tidak akan membuat kita menyesal meski ternyata pilihan yang kita ambil lebih terjal dari pilihan yang kita tinggalkan.

Kegalauan dan kelabilan yang teramat sangat mungkin hanyalah sebuah klimaks dari sebuah kebingungan dipersimpangan. Sejatinya kita tahu tak ada orang lain yang lebih tahu, pilihan mana yang tepat untuk kita ambil, kecuali kita dan Allah lah yang memahami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REBORN..

Jangan Pernah Lakukan, dan Kau Pasti akan Menang!

ANDINI (episode 2)