Apa yang Sedang Kau Dengarkan?

Sejak dulu saya selalu saja bertanya-tanya. Belakangan ibu kota dengan kendaraan umumnya dipenuhi oleh mereka yang tak lagi mendengar sekitar, mereka yang dikendaraan roda dua itu pun demikian. Aku lihat ada yang menyumbat ditelinga mereka dengan uluran kabel kecil yang tersambung pada sebuah alat elektronika. Aku tidak tau, tapi aku hanya memastikan tau, bahwa itu bukanlah alat yang digunakan sebagai alat bantu pendengaran mereka. Aku yakin itu! Mereka benar-benar tidak tuli!


Mereka gunakan alat itu untuk membungkam keramaian serta kebisinga
n sekitar. Aku selalu saja penasaran, sebenarnya apa yang sedang mereka dengarkan? apa yang menurut mereka lebih menarik dari pada sekedar mendengar obrolan jalanan dan keluhan macet para penumpang? apakah sebuah lagu atau kah iringan murotal? ah, benarkah ada yang mendengarkan murotal? mungkin ini jawaban yang mengada-ada, yang terkesan bodoh. Mana ada mereka yang mau mendengar lantunan nada datar tanpa iringan piano, gitar, apa lagi drum, hanya untuk mereka dengarkan ditengah kemacetan dan membunuh kebosanan. Apa iya ada yang rela mendengarkan sebuah lantunan ayat berirama, hanya dengan lengkingan suara, untuk menemani perjalanan dan membunuh kebosanan mereka? Mungkin masuk daftar pun tidak! ahh, benarkah tidak ada?

Mereka yang terlihat asik dan begitu bahagia, mereka yang hidup dalam dunianya, rasanya tak lagi mereka butuhkan orang disekitarnya. Hidup dalam suara yang tak terdengar oleh sekitarnya. Namun jika demikian, benarkah mereka tidak tuli? karena yang mereka dengarkan hanyalah apa yang ingin mereka dengar.


Jika diizinkan, saya ingin melakukan sebuah penelitian. Ketika saya melihat mereka yang menggunakan headset diperjalanan, ingin saya tanyakan, sebenarnya apa yang sedang kalian dengarkan? irama apa yang cocok untuk menggantikan kebisingan jalanan ditengah kemacetan yang membosankan? benarkah mereka hanya suka mendengarkan yang tak terdengar oleh lainnya?





ah... Suara, kau terlahir untuk didengar dalam berbagai cara. Terlalu lembut, bahkan mampu menyelinap ditengah keramaian kota...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REBORN..

Jangan Pernah Lakukan, dan Kau Pasti akan Menang!

ANDINI (episode 2)