Masa Kini yang Menjadi Masa Lalu

Percayalah keadaan masa lalu selalu saja menjadi yang paling dikenang, paling dirindukan, itu semua terjadi karena kita selalu saja dengan sengaja lupa bahwa ternyata keadaan itu hanya akan terjadi pada saat itu dan tidak akan terulang. Meski kita tau akan ada sebuah keramaian dimasa mendatang dan mencoba menghentikan, namun ternyata masa mendatang tetaplah menjadi milik Nya. Ia lah yang mutlak kuasa atas segalanya dan kau tak akan pernah mampu mengendalikan apa-apa yang akan terjadi kemudian.
Jika kekacauanlah yang ada kini, kau hanya dapat mengenang dan merindukan masa lalu, atau bahkan menyesali, namun kau tak akan pernah mampu mengembalikan. Benar kata mereka, kau baru saja akan sadar bahwa kau merasa sangat memiliki sesuatu, karena kini kau sudah kehilangan. Kau hanya mampu mengingat-ingat tanpa mampu mengembalikan keadaan. Semuanya sudah berubah dan semuanya sudah terjadi.
Pilihan mu kini hanyalah mengikuti kata hati tanpa harus terus menerus mengutuk keadaan, meski perbaikan tak mampu kau lakukan, hanya kekacauan yang selalu saja kau keluhkan, namun yang harus kau pastikan kini adalah bahwa kau tidak sedang menambah keruh keadaan dengan keluhan.
Yakinkan pada sekitarmu bahwa semua akan baik-baik saja meski kini keadaan telah berbeda. Meski masa lalu itu masih saja kau rindukan, percayalah keadaan yang kau keluhkan kini pun, kelak akan menjadi masa lalu yang kau rindukan kemudian. Semua akan menjadi kisah, semua akan menyejarah, dan kini yang harus kau perhatikan, kisah seperti apa yang kelak ingin kau bagi dan ceritakan pada mereka.

Pastikan sebuah semangat yang tumbuh dari diri mereka ketika mendengar kisahmu;
Pastikan sebuah kebanggaan yang mereka tampakkan ketika mendapatkan sejarah masa lalu mu;
dan Pastikan bukan sebuah keluhan, kekecewaan, atau pun penyesalan yang mereka rasakan ketika masa lalu mu itu dibangkitkan.

Mari pastikan, bahwa kini kau sedang membuat masa lalu yang akan dibagikan dengan membanggakan dan masa lalu yang akan mereka jadikan pelajaran serta evaluasi untuk membangun peradaban di masa depan, yang kelak pun akan menjadi masa lalu kemudian.




*untuk kamu yang selalu merindukan masa lalu yang tidak baik termanfaatkan dan hanya mampu dikenang.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REBORN..

Jangan Pernah Lakukan, dan Kau Pasti akan Menang!

TLATAR, WISATA AIR TERSEMBUNYI BOYOLALI