Maha Karya

"Entah mengapa aku begitu menyukai dunia mereka. Mereka begitu hidup dengan dunia yang mereka ciptakan. Mereka begitu indah dengan warna yang mereka goreskan, dan mereka begitu yakin memperjuangkan harapan yang mereka gantungkan, melalui angan - angan yang menjadi harapan hingga kelak dewasa itu datang."
Bagi ku mereka seperti malaikat. Semua yang mereka lakukan begitu tulus tanpa siasat, begitu ikhlas tanpa pamrih, begitu murni tanpa ada kepentingan. Bagiku, masa-masa mereka lah, dimana semua terbentuk secara alamiah. Dari tangan-tangan kecil mereka lah karya-karya besar itu tercipta.


Event beberapa waktu silam tepat nya Ahad, 10 Juni 2012 merupakan salah satu pergelaran acara yang cukup besar untuk saya dan beberapa teman-teman Jurusan Ilmu Komunikasi. Mengambil tema Workshop dan Lomba Kreasi Wayang Jawa yang bertempat di Balekambang, Solo, memberikan kesan tersendiri yang berbeda bagiku. Tidak hanya melihat kesuksesan acara itu untuk memenuhi nilai mata kuliah Public Relations 2 dengan materi kulia EO (Event Organiser), namun saya melihat dari sisi yang berbeda. Dalam acara tersebut yang lebih banyak diisi oleh anak-anak usia 5-17 tahun, saya merasa telah sukses diperlihatkan dan dibuat terpana oleh sebuah maha karya besar yang sejatinya tak selalu lahir dari orang - orang yang sudah terkenal dan selalu dipuja, kedengarannya mungkin kata-kata saya memang agak lebai. tetapi menurut saya begitulah mereka, sangatlah luar biasa dan sangat, sangat, sangat keren!

Perlombaan menggambar dan mewarnai dimulai sekitar pukul 09.30 pagi. Peserta dibagikan kertas gambar, baik yang polos untuk digambarkan wayang maupun kertas yang bergambar salah satu tokoh wayang yang bernama Bagong.

*Ingat yaa mereka HANYA di berikan, Selembar Kertas putih polos ukuran A3 untuk MENGGAMBAR dan Selembar Kertas Putih Bergambar Tokoh Wayang Bernama BAGONG untuk mereka WARNAI.

Mereka masing-masing diberi waktu yang sangaaaaaaat panjang, 120 menit! Yupp.. waktu yang sangat cukup untuk dipakai sekedar berleha-leha sambil menikmati sejuknya semilir angin Taman Balekambang, sebelum mulai untuk menggambar maupun mewarnai. Tapi, stop! semua itu hanya akan terjadi,apabila saya yang berada diposisi mereka. hehe.. 

Setelah di beri kertas tersebut dengan antusiasme yang sangat tinggi, mereka langsung mencari posisi ternyaman dan membuka semua peralatan ajaib mereka yang sudah mereka bawa dan di persiapkan dari rumah. Saya hanya tertegun melihat kelengkapan dan kesiapan mereka dalam mengikuti perlombaan ini, karena banyak alat-alat yang tak terduga yang tidak pernah saya gunakan jika saya menggambar, lagi-lagi itu semua terjadi karena (mungkin) memang saya tidak kreatip! Saya sebagai salah satu panitia memiliki kewajiban untuk keliling mengawasi mereka semua, bak pengawas peserta ujian SNMPTN. Memastikan bahwa mereka mengerjakan semua nya sendiri tanpa bantuan orang tua, kakak, saudara, atau siapapun yang mengantar kan mereka. Dan dalam hitungan menit beraksilah mereka dengan amunisi dan peralatan lengkap yang sudah mereka persiapkan tadi.

#Beberapa menit berlalu
Saya terus berkeliling untuk melihat proses dan hasil sementara dari karya-karya mereka. Dan, Yak! tiba-tiba saraf di tubuh saya dengan otomatis menggerakan segala panca indera yang ada, mata yang terbelalak dan lidah yang berdecak kagum, hingga tangan yang refleks mengambil handphone dan mencari menu foto, lalu mengabadikan semuanya menjadi gambar. Itulah malaikat-malaikat kecil yang sedang beraksi!

Dalam pikiran saya selalu saja terlintas dan masih saja terlintas hingga saat ini.

"Dulu rasa-rasa nya kalo gue gambar itu paling bagus gambar gunung, dilengkapin rumah, sawah dan ada mataharinya biar rada terang dikit warnanya. Terus untuk mewarnai paling kereen ngewarnain gambar yang udah ada doang, tapi ini kok mereka keren-keren yaa?? apa emang gue nya aja yang ga kreatip dan ga bakat yee??"  *huff 

dan pertanyaan itu pun selalu saja berputar-putar dikepala saya hingga kini, tanpa jawaban, karena memang menurut saya pun gak-semua-pertanyaan-perlu-dijawab! #ngeles 

Baiklah jika kekaguman itu hanya saya gambarkan lewat kata-kata, kalian pasti akan penasaran dan menganggap saya bohong karena sudah memuji-muji mereka berlebihan.

Tapi sebelumnya, saya akan mengingatkan anda tentang tulisan yang saya BOLD diatas sebelum melihat hasil akhir dan proses dari tangan-tangan kecil mereka yang melahirkan karya-karya besar...













Dan, selembar Kertas putih polos ukuran A3 untuk MENGGAMBAR dan Selembar Kertas Putih Bergambar Tokoh Wayang Bernama BAGONG untuk mereka WARNAI. Kini pun berubah...


Hasil Karya Perlombaan

Pameran Hasil

Lomba Poster Kreasi Wayang Jawa

Sebelah Kiri, Juara 1 Lomba Mewarnai Kreasi Wayang Jawa

Pemenang Lomba Poster Kreasi Wayang Jawa

Pemenang Lomba Menggambar Kreasi Wayang Jawa

Sepakat bukan kalo saya katakan mereka itu keren? 

Potensi terbesar itu pun lahir dari tangan-tangan kecil mereka, alangkah kejinya ketika anak-anak yang memiliki potensi terbesar itu dibunuh dan dianiaya bahkan ditelantarkan menjadi korban keegoisan para orang dewasa. Ingin ku katakan pada dunia, ketika kalian begitu bernafsu pada hal-hal besar, tengoklah makhluk kecil tak berdosa itu, belajarlah arti akan sebuah ketulusan dan kasih sayang dari mereka. Karena karya-karya besar itu hanya akan lahir dari mereka-mereka yang selalu tulus pada hal-hal terkecil yang ada disekelilingnya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANDINI (episode 2)

ANDINI (episode 1)

Jangan Pernah Lakukan, dan Kau Pasti akan Menang!