Wayang Beber

Wayang merupakan kesenian Tradisional aseli Indonesia dan hanya ada di Indonesia, ya mutlak tidak ada ditempat lain dan tidak bisa di tawar-tawar lagi, hehe emangnya di pasar ^_^v. Pokok nya Indonesia lah! Dari sekian banyak kekayaan budaya yang di miliki, ternyata ada satu kesenian wayang yang kini jarang didengar oleh masyarakat Indonesia, mungkin termasuk kalian dan begitu juga dengan saya, hihihi.... Saya mengetahui ini akibat liputan berita tugas Jurnalistik di Institute Seni Indonesia (ISI Surakarta). Mereka mengadakan pertunjukkan wayang selama dua hari. WAYANG BEBER PACITAN DAN WAYANG BEBER WONOSARI.
Kaya apa siihh wayang nya?
Apa hayoo, beda nya dengan wayang-wayang yang lain??
Wayang Beber (huruf "E" dibaca versi makanan yang mirip rujak, tw kan yaa? "bebek" bukan versi hewan lhoo...)
Nah ini nihh sedikit cerita tentang wayang beber.... 
Wayang beber merupakan salah satu jenis wayang tertua dari sekitar 20-an jenis wayang dalam kebudayaan Indonesia. Wayang Beber berkembang di Jawa Timur sejak permulaan abad ke-15 hingga kini dengan keadaan yang memprihatinkan karena nyaris punah. Wayang Beber di Indonesia hanya terdapat di dua tempat yaitu di Kabupaten Pacitan Jawa Timur serta Wonosari Gunungkidul D.I Yogyakarta. Wayang Beber mendapat nama Wayang Beber karena teknik pertunjukannya dengan membeber atau menggelar gambar-gambar pada gulungan kertas/kain. KPA Kusumodilaga Sastromiruda menulis,Wayang Beber pertama kali dibuat Prabu Bratana dari Kerajaan Majapahit pada tahun 1361. Sejarahwan asing bernama WP. Goenevelt menemukan sebuah berita di Cina tahun 1416 yang menyatakan bahwa pementasan Wayang Beber sudah umum dipentaskan di daerah Jawa Timur. Sejarahwan lain, Dr. Hazeu mengatakan bahwa Wayang Beber muncul setelah orang mengenal pertunjukan bayangan.
Gulungan Wayang Beber yang Berisi Gambar dan Cerita Wayang

Salah satu Motif Gambar Wayang Beber

Cara Dalang Dalam Memainkan Wayang Beber

Di awal saya menyinggung tentang dua jenis wayang beber, yaitu Wayang Beber Pacitan dengan Wayang Beber Wonosari. Apa sihh bedanya?? perbedaan yang paling jelas tampak, yaa dari NAMA, nama dibelakang kata wayang beber ini jelas menyebutkan dua nama tempat di wilayah Jawa yang secara tidak langsung menerangkan bahwa kedua wayang beber tersebut berasal dari Pacitan dan Wonosari. Lantas perbedaannya apa lagi? CERITA, jelas sekali! lain daerah pasti lain juga ceritanya, masing-masing memiliki kisahnya sendiri-sendiri dan berbeda. Lantas apa lagi beda nyaaa?? Perbedaan paling mendasar yang terdapat antara wayang beber Pacitan dan wayang beber Wonosari adalah pada posisi DALANG-nya, jika pada versi Wonosari posisi Dalang berada di depan Wayang Beber, sedangkan jika versi Pacitan posisi Dalang berada di belakang Wayang Beber. Namun perbedaaan kedua-nya tidak menjadikan suatu hal yang begitu prinsip dalam pelestarian budaya dari Wayang Beber itu sendiri, baik Versi Wonosari ataupun versi Pacitan telah memiliki ruh dan menjadi ciri khas masing-masing, karena dari perbedaan kedua versi tersebut didapat sebuah keragaman khasanah budaya juga. 
Posisi Dalang Dalam Wayang Beber Wonosari


Posisi Dalang Dalam Wayang Beber Pacitan
Nah, gimana? jadi tau kan begitu kayanya INDONESIA MU akan budaya??
Yang terpenting sekarang adalah bagaimana upaya dari masing-masing dari kita untuk bisa terus lestari dan tetap menjadi kebanggaan budaya daerah yang memang perlu untuk terus dipertahankan.

MAJU TERUS INDONESIA, OPTIMIS!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REBORN..

Jangan Pernah Lakukan, dan Kau Pasti akan Menang!

ANDINI (episode 2)